iklan

Kisah Umar bin Khattab menikahi putri Ali bin Abi Thalib agar mendapat jaminan sebagai Ahli Bait Nabi

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Umar bin Khattab adalah salah satu sahabat Nabi yang paling banyak mendapat fitnah dari kaum Syiah. Bahkan mencaci maki beliau adalah salah satu Syahadat bagi keimanan orang Syiah. Mereka menuduh bahwa Umar telah mengambil hak Imam Ali bin Abi Thalib untuk duduk sebagai khalifah.

Padahal kisah kasih antara Umar dan Ali melebihi jalinan persahabatan.

Suatu hari Khalifah Umar r.a yang sudah sepuh itu bertamu ke rumah Imam Ali. Maksud kedatangan beliau adalah untuk melamar Umu Kultsum putri keempat Ali bin Abi Thalib. Umar r.a berkata: "Nikahkanlah aku dengan putrimu. Demi Allah tidak ada seorang pun di muka bumi ini dilihat dari kemuliaanya sebagaimana yang aku lihat (padamu)."



Pada beberapa riwayat disebutkan bahwa Umar sampai berkali-kali mengajukan lamaran, tapi Imam Ali menolaknya lamaran dari Umar dengan berkata, "Sesungguhnya putriku masih kecil. Aku akan mengantarkan putriku kepadamu (saat usianya sudah cukup), apabila kamu suka maka dia akan menjadi isterimu. " Ketika Umu Kultsum sudah cukup usia, Imam Ali kemudian menerima lamaran Umar r.a.

Kemudian Umar r.a datang kepada kaum Muhajirin  dan berkata, "Bawalah aku oleh kalian sebagai pengantin." Mereka pun kaget lalu berkata, "Dengan siapa engkau akan menikah?"

Umar menjawab, "Dengan putrinya Ali, sesungguhnya Nabi saw. bersabda, 'Setiap nasab pada hari kiamat akan terputus kecuali nasabku dan sahabatku.'

"Tapi bukankah engkau telah menjadi mertua bagi Nabi?," tanya seorang sahabat. "Benar bahwa aku pun telah menikahkan Hafshah puteriku dengan Rasulullah, tapi aku ingin menguatkan lagi nasabku pada Nabi." jawab Umar.

(sumber: kitab Hayatussahabat jilid 2 hal 588)

Nagh dari cerita di atas, bisa didapat kesimpulan bahwa Nasab Nabi tidak akan terputus sampai hari Kiamat. Bahwa tidak ada permusuhan antara Umar dan Ali, dan betapa Umar sangat ingin menjadi keluarga Nabi.

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Kisah Umar bin Khattab menikahi putri Ali bin Abi Thalib agar mendapat jaminan sebagai Ahli Bait Nabi"

Posting Komentar